Home » , , , , » Formasi CPNS untuk Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta

Formasi CPNS untuk Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemda DIY segera dimulai. Bagi masyarakat yang berminat, bisa segera mendaftarkan diri secara online melalui situs www.cpnsdiy.jogjaprov.go.id mulai tanggal 5 hingga 19 September 2013.
"Semua pelamar harus melakukan registrasi online melalui situs itu," tandas Kepala BKD DIY Agus Supriyatno.
Berdasarkan ketetapan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, DIY mendapatkan jatah 120 formasi CPNS. Terdiri dari 12 orang untuk tenaga pendidikan, 47 orang tenaga kesehatan dan 61 orang tenaga teknis. Namun, jumlah tersebut sebenarnya hanya mampu mencukupi 11 persen dari total kebutuhan PNS DIY sebanyak 1.074 orang.
Nantinya, para pelamar akan menjalani dua tes seleksi yakni tes administrasi dan tes tertulis. Khusus pelaksanaan tes tertulisnya, para pelamar akan menghadapi materi-materi tes yang telah dibuat oleh pemerintah pusat. Sedangkan panitia lokal hanya menangani teknis pelaksanaan tes tertulis.
"Ya seperti Ujian Nasional (UN) anak sekolah itu. Kalau DIY hanya sebagai pelaksana saja, sementara untuk soal dan koreksi dilakukan oleh pusat,” ucapnya.
Untuk menyelenggarakan proses seleksi CPNS tersebut, Pemda DIY mengajukan anggaran Rp 1 miliar dalam pembahasan APBD Perubahan 2013. Anggaran tersebut akan digunakan untuk mendukung kebutuhan teknis pelaksanaan seleksi yang diperkirakan akan diikuti oleh lebih dari 30 ribu warga.
Anggota Komisi A DPRD DIY, Arif Noor Hartanto meminta agar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY bisa melakukan rasionalisasi anggaran.
"Kalau bisa, anggarannya mungkin bisa lebih kecil," tandas politikus PAN tersebut.
Ia juga berharap agar proses seleksi bila berlangsung transparan. Disamping itu, seleksi CPNS ini diharapkan tidak hanya menjaring tenaga kerja yang berkualitas saja, tapi juga memiliki sikap sosial yang baik.

Berita terbaru Penerimaan CPNS 2013 Disini

0 komentar :

Posting Komentar